Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir dengan Mudah

Mengatasi Tinta printer tidak mengalir – tinta merupakan salah satu hal penting yang ada pada perangkat printer, ketika melakukan pencetakan tentunya ta ter elakan jika terjadi masalah dengan tinta printer. Salah satunya adalah tinta printer tidak mengalir dengan baik ini merupakan masalah klasik yang sering dihadapi oleh pemilik printer tipe inkjet atau infus. Umumnya apa sih penyebab tinta tidak mengalir ? tinta yang tidak mengalir ini  disebabkan oleh aliran tinta yang tersumbat di bagian selangnya karena terlalu banyak udara didalam selang infus sehingga menyebabkan tinta tidak mengalir ke katrid.

Untuk mengatasi tinta yang tidak berjalan lancar ke katrid sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan dan tidak perlu peralatan yang mahal untuk mengatasinya, tetapi masih tetap membutuhkan beberapa peralatan yang biasa kamu pakai saat akan mengisi tinta, dan yang paling pentiang ialah perlunya kesabaran dalam melakukanya.

.

Baca Juga : 

 

2 Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir

Sebelumnya anda perlu memastikan terlebih dahulu apa memang ada udara di selang dari tabung tinta ke pencetakan, lalu apa penyebabnya? apa memang sebelumnya printer normal atau printer sudah cukup lama tidak digunakan sehingga mampet. Kalau memang sebelumnya masih normal Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengatasi tinta printer yang tidak mengalir.

Cara mendorong udara di selang tinta printer infus

image by nuriel-huedha.

Langkah pertama

Buka atau angkat cover printer keatas, biarkan printer ke mode servis dan  pastikan posisi katrid ada di tengah printer supaya aliran tinta yang menuju katrid terlihat dengan jelas.

Ketika katrid sudah berada di tengah, lepas selang infus yang menepel di katrid atau sekalian dengan siku(knee) yang masuk ke bagian katrid, ini hanya untuk yang mengalami masung angin (terdapat udara saja)

Siapkan alat suntik yang biasa kamu pakai untuk mengisi tinta, pastikan alat suntik tersebut dalam keadaan bersih, dan tidak ada sisa tinta didalamnya, lebih bagus lagi jika alat suntiknya dicuci dulu sampai bersih, lalu dikeringkan. Setelah alat suntik kering,  silahkan lepas dulu jarumnya, karena tidak diperlukan.

Langkah kedua

Setelah itu Buka salah satu tutup tabung tinta yang lubangnya seukuran lubang alat suntik, biasanya lubang yang kecil, Tarik pendorong/piston alat suntik untuk mengumpulkan udara, lalu masukkan ujung alat suntik tersebut pas ke dalam lubang tabung tinta tersebut dalam posisi tegak lurus.

lalu dorong piston alat suntik ke depan sambil memperhatikan selang infus, amati apakah tinta mengalir ke katrid melalui selang infus atau tidak. Jika mengalir pastikan tinta memenuhi selang hingga bagian pada ujung selang yang ke arah katrid

Langkah ketiga

Ulangi langkah diatas pada lubang selang tinta lain yang terdapat udara, sambil mengamati aliran tinta yang berjalan di dalam selang infus. Pastikan semua bagian selang terisi tinta dan tidak kosong, jika masih ada selang yang kosong, itu artinya tinta belum turun semua, silahkan kamu ulangi langkah kedua untuk mendorong tinta ke dalam katrid.

Setelah semua tinta baik yang berwarna maupun tinta hitam mengalir ke masing-masing katrid silahkan tutup lubang tabung tinta dan jangan lupa tutup juga cover printernya.

Langkah Selanjutnya

Lakukan proses pembersihan mendalam atau Deep Cleaning supaya tinta mengalir ke kepala cetak lagi. Caranya bisa langsung melalui microsoft word, pada dokumen yang akan di print, klik Windows > Print > Properties > Maintenance > Deep Cleaning

atau melalui pengaturan di kontrol panel

caranya klik ikon windows di taskbar > Device  and Printers > Klik kanan pada printer > Klik Properties > Maintenance > Deep Cleaning.

Setelah keempatlangkah diatas dijalani biasanya tinta printer akan mengalir ke katrid, namun bila keesokan harinya mendapati tinta tidak mengalir lancar kembali di printer kamu, berarti terdapat indikasi masalah kerusakan, seperti selang infus sudah rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Kerusakan selang infus ini bisa karena ada kebocoran, atau pernah terjepit pada waktu mengeprint, atau masalah lainya.

 

Cara Alternatif Mengatasi tinta tidak mengalir lainya

Cara Alternatif Mengatasi tinta tidak mengalir dengan suntik tinta di katrid

image by google

Bagi kamu yang belum berencana membeli selang infus yang baru untuk menggantikan modif yang saat ini sedang menmpel, silahkan coba solusi alternatif dibawah ini agar dapat tetap mengalirkan tinta ke katrid tanpa menggunakan selang infus.

  1. Buka penutup printer
  2. Lepaskan  selang infus dari katrid dan dari tabung tinta
  3. Siapkan 4 alat suntik untuk masing-masing warna tinta (hitam, kuning,merah dan biru)
  4. Isi masing-masing tinta ke dalam alat suntik.
  5. Keluarkan katrid dari dalam printer
  6. Suntikkan tinta ke dalam katrid sesuai dengan warnanya, untuk tinta hitam tertulis “B” artinya black atau hitam, untuk tinta warna diatas katrid tertulis “C” atau color untuk tinta berwarna. Katrid tinta warna pada printer Canon biasanya punya 3 lubang, posisi warna merah ada diatas, biru dikiri dan kuning di kanan.
  7. Setelah semua katrid terisi tinta, silahkan dibersihkan dengan tisu bagian atasnya mana tahu tintanya meluber. Setelah tabung katrid bersih masukkan kembali katrid kedalam printer, lalu tutup cover printer.
  8. Jalankan deep cleaning seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Dari pengalaman kami, metode ini 100 persen berhasil mengatasi masalah tinta printer yang tidak mengalir dan bisa dijadikan alternatif  kedua jika kamu belum punya selang katrid yang baru, namun kelemahannya tinta harus sering diisi ke katrid, karena kapasitas katrid tidak sebesar tabung tinta.

Sebenarnya masih ada lagi lanjutan dan beberapa cara yang bisa di terapkan untuk mengatasi tinta printer infus yang tidak berjalan di selangnya, seperti menaikan posisi tabung tinta lebih tinggi dari posisi catridge, menarik tinta dari bawah catridge dengan alat khusus, dan banyak lagi. Nantikan pembahasan selanjutnya mengenai hal tersebut di website blogprinter.net yah, terimakasih

Incoming search terms:

Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Mengalir dengan Mudah | blogprinter | 4.5
/* */