Cara mengatasi dan Penyebab Printer Not Responding

Cara Mengatasi Printer Not Responding – halo lagi sahabat blogprinter.net kali ini team kami akan berbagai informasi ulasan singkat bagaimana sih cara mengatasi printer yang tiba-tiba tidak terdeteksi atau tidak terpaca di komputer padahal printer tersebut posisinya sedang menyala + tersambung. Jika printer berhenti merespon saat sobat sedang mencetak sesuatu, maka pesan kesalahan “Not Responding” akan muncul di layar komputer. Pada prinsipnya ada beberapa hal dapat menyebabkan kesalahan ini, seperti  koneksi port usb yang salah, spooler yang tidak merespons, atau file driver yang rusak.

Jika printer sobat tiba-tiba tidak merespon atau Not Responding, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya.

Pilihan Cara mengatasi printer Not Responding yaitu :

 

1. Periksa koneksi antara printer dan komputer

Cara pertama yang bisa sobat lakukan bilamana printer tidak merespon yaitu dengan mengecek koneksi antara printer dan komputer, pastikan koneksi antara printer dan komputer baik-baik saja. Jika Sobat menggunakan koneksi fisik seperti kabel USB, pastikan tidak ada kabel printer yang longgar atau lepas. Jika Sobat menggunakan koneksi nirkabel atau printer Wifi, silahkan matikan dulu printer, komputer, dan juga modem Wifi, biarkan printer dimatikan untuk sementara waktu sebelum dinyalakan kembali. Setelah itu, silahkan sobat buka dokumen yang akan diprint, lalu ketik print pada menu yang tersedia, jika printer berhasil mencetak dokumen, berarti masalah printer not responding berhasil diatasi. Namun bila pesan Not Responding masih muncul di layar komputer/laptop silahkan ikuti cara yang ke-2 dibawah ini.

2. Restart Layanan Spooler Printer

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk memulai ulang layanan spooler printer yang bertanggung jawab mengelola pekerjaan cetak pada Windows.

  • Pertama, pastikan sobat menjalankan komputer sebagai Administrator. Jika Sobat menggunakan komputer sebagai akun Tamu atau Guest, Silahkan Restart komputer dan masuk ke komputer dengan akun Administrator.
  • Kedua dan selanjutanya Anda harus tekan dan tahan kombinasi tombol Windows + R pada saat yang bersamaan, ketikan “services.msc” di kotak dialog, lalu silahkan sobat tekan Enter.
  • Di jendela berikutnya, cari dan temukan Print Spooler dari daftar Layanan atau “Services” Windows di kolom sebelah kanan. Klik dua kali pada layanan Print Spooler untuk membukanya.
  • Dalam kotak dialog Print Spooler Properties yang muncul, klik Stop di bawah opsi status Layanan, kemudian tekan Start, lalu tekan OK untuk me-restart spooler.
  • Pada tahap ini pesan Not Responding akan hilang dengan sendirinya, dan printer sudah dapat digunakan seperti biasa. Namun bila printer masih Not Responding, silahkan ikuti cara yang ke-3 berikut ini.

 

3. Install ulang Driver Printer & Remove Printer

Printer Not Responding bisa juga disebabkan karena file driver corupt atau rusak yang diakibatkan karena serangan virus atau ada file driver yang tidak sengaja terhapus.Untuk mengatasinya silahkan sobat hapus printernya dari daftar Devices and Printers yang ada pada komputer.

Untuk menghapus printer dari komputer, pertama silahkan sobat klik windows di sebelah kiri pada taskbar komputer, setelah jendela terbuka klik pada “Devices and Printers”, disini sobat bisa melihat printer yang aktif di komputer sobat. Setelah ketemu printer yang akan dihapus, silahkan klik kanan pada gambar printer tersebut, lalu gulir ke bawah lalu pilih opsi “Remove device”.

  • Setelah printer dihapus, maka secara otomatis komputer sudah tidak mengenali lagi printer tersebut. Oleh sebab itu sobat perlu menambahkan printer tersebut ke dalam daftar perangkat yang aktif pada komputer, dengan cara menginstall drivernya.
  • Caranya silahkan sobat download driver printer di situs resmi sesuai dengan merek printer yang sobat gunakan.
  • Setelah berhasil didownload, segera install dan ikuti petunjuk yang tertera di layar sampai printer berhasil di install dan komputer sudah mendeteksi keberadaan printer tersebut.
  • Untuk mengetahui apakah driver printer sudah terinstall atau belum, silahkan sobat cari di bagian Drivers and Printers seperti yang telah dijelaskan diatas.

Pada tahap ini seharusnya printer sudah bisa digunakan secara normal, Namun apabila setelah menjalani langkah demi langkah seperti yang dijelaskan diatas, printer tetap menampilkan pesan “NOT RESPONDING”, maka tidak ada salahnya untuk membawa printer ke tempat servis printer terdekat untuk mengetahui lebih lanjut lagi apakah masalah yang sebenarnya terjadi dan bagaimana cara mengatasi printer not respon terus menerus ini

Nah ddemikianlah pembahasan dan ulasan dari blogprinter.net kepada pembaca semua, jika berkenan Anda dapat meninggalkan komentar dan pesan di facebook fanspage kami @printer-hero atau berkomentar di artikel ini, untuk keperluan sharing atau ingin bertanya sesuatu. Semoga bermanfaat dan membantu anda yang sedang mengalaminya.

Incoming search terms:

Cara mengatasi dan Penyebab Printer Not Responding | blogprinter | 4.5