Cara Reset Tinta Printer Canon MP237 disertai Kedip Alarm 2x (orange) dan 2x Power(Hijau)

Mengatasi error printer canon mp237 tidak mau mencetak – pada kesempatan kali ini blogprinter akan membangikan salah satu tutorial dan tips bagaimana sih cara mengatasi printer canon seri mp237 yang error tidak bisa mencetak dan muncul peringatan kedipan lampu 4x (di lampu alarm 2x dan di lampu tombol power 2x) Sebenarnya jika anda seorang pemiliki printer canon seri ini, anda harus memiliki catatan dan tabel informasi lengkap error printer canon mp237 (semua kode error canon mp237) untuk mengantisipasi ketika printer dalam rutinitas pencetakan tetapi tidak bisa di gunakan.

Printer Canon MP237 ini sendiri merupakan seri tipe printer lama dari printer canon, tetapi dia sudah memiliki kelengkapan fasilitas printer multifungsi karena terdapat copy dan scan. Seri ini sendiri hampir sama bentuk dan spesifikasi nya dengan canon Ip2770, Mp258, dan MP287 dengan memakai tinta catridge yang sama juga yaitu PG810 (yang memiliki harga sekitar 190 ribuan) dan CL811 (harga sekitar 150 ribuan).

Walau catridge canon ini mahal pada jamanya printer ini lebih sering di pakai dengan dijadikan modfikiasi sistem infus sehingga pemakaian dapat lebih banyak, nah dengan pencetakan terus – menerus yang terjadi lama kelamaan printer akan mendapati masalah dan error, salah satunya seperti judul pada artikel ini. lalu bagaimana cara mengatasi nya?

Penjelasan Cara mengani printer canon mp237 error

Pertama – tama anda harus benar-benar cermat dan memahami terlebih dahulu error macam apakah yang menyebabkan printer anda tidak bisa digunakan ? apakah error tersebut diakibatkan selang tinta infus yang menyangkut, atau karena terdapat kotoran serta potongan kertas yang tertinggal di bagian sekitar pencetakan. Serta lebih enak nya lagi kondisi printer tersambung dengan komputer, lalu muncul peringatan error di layar monitor anda.

Sekarang bagaimana cara mengatasi error di atas, dengan tanda 2x blink orange dan 2x blink lampu power. ini biasanya printer memerlukan reset tinta akibat Error Ink Absorber, kita ketahui dulu yuk apa itu error ink absorber?

Baca juga :  Free Download Driver Printer Epson L200 For Windows and MAC

 

Penyebabnya Error Ink Absorber

Pada rata – rata printer canon, memiliki bantalan kecil berupa spons di bagian bawah catridge berhenti di bagian pojok. bantalan spons kecil ini memiliki fungsi menyerap tinta pembuangan dari saat terjadinya proses cetak dan ketika proses cleaning head catridge. Semakin lama pemakaian tentu saja bantalan spons tersebut akan penuh, nah ketika saat inilah printer akan memberitahukan terjadinya melalui error yang muncul di lampu alarm printer maupun di layar monitor dengan tulisan  “A Printer error has occurred” atau “Ink Absorber full”

Cara Mengatasi Error Ink Absorber

cara mengatasi error ini adalah melakukan reset tinta printer dengan menggunakan software, tetapi sebelumn menjalankan software tersebut Anda diwajibkan membawa printer ke dalam mode servis (service mode) bagaimana langkah – langkah yang benar melakukan reset printer canon mp237, bisa anda lihat di bawah ini

Tahapan pertama reset tinta printer mp237 yaitu masuk ke service mode

  1. Anda perlu mematikan printer dengan tekan tombol power, ketika printer anda dalam keadaan aktif menyala.
  2. Ketika printer sudah mati, anda perlu menekan dan tahan tombol STOP/RESET, ketika posisi jari sudah menekan tombol reset tambahkan dengan menekan tombol power/ON lalu menahannya juga (biasanya setiap tekanan ditandai dengan kedipan lampu)
  3. Setelah kedua jari anda menahan kedua tombol tersebut, lepaskan bagian tombol STOP/RESET tetapi tombol power masih tetap menekan .

  4. Disaat tombol power ini masih dalam keadaan di tekan, anda perlu menekan kembali tombol STOP/RESET sebanyak 6 kali (5 kali tekan ditambah 1 kali terakhir tangan tetap menahan tombol), lalu lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan
  5. Jika berhasil Setelah anda melakukan tahapan awal di atas akan muncul pemberitahuan pada komputer dengan mendeteksi adanya device baru, berarti printer anda sudah masuk ke sevice mode. Tetapi jika gagal deteksi tersebut tidak muncul

jika sudah berhasil dengan cara tersebut, anda bisa melanjutkanya dengan melakukan reset tinta menggunakan software service tool khusus printer canon ini, jika anda belum mendownload anda bisa menekan tombol download service tool di bawah ini.

 

  • Extract program reset printer canon mp237 tadi, dengan klik kanan > extract.

  • Lalu jalankan program service tool v3400 tersebut, setelah jendela terbuka anda bisa mengikuti langkah seperti nomor di gambar di bawah ini

  1. Pada bagian Clear ink counter, rubah pilihan menjadi main kemudian klik tombil set
  2. lalu pada bagian Ink absorber counter, rubah pilihan menjadi main juga lalu klik tombol set
  3. Lalu Klik tombol “EEPROM”, maka printer akan memproses dengan mencetak satu halaman dengan hasil cetakan “D = 000.0″
  4. Matikan printer Canon MP237 sobat lalu nyalakan kembali.
  5. Lakukan test print.
  6. Selesai, printer anda kini sudah selesai di reset Ink absorber nya.

 

Nah itulah dia cara mengatasi error printer mp237 dengan tanda error blink lampu tersebut disertai informasi pada layar mengenai printer yang perlu melakukan reset tinta (“A Printer error has occurred” atau “Ink Absorber full”) semoga informasi tersebut dapat membantu anda mengatasi error pada printer canon tipe dan seri yang sama ataupun menyerupai.

Refrensi ini kami dapatkan dari beberapa sumber informasi terpercaya yang kami rangkum dan kami ulas ulang hanya untuk kepentingan berbagi, semoga bermanfaat terimakasih.

Cara Reset Tinta Printer Canon MP237 disertai Kedip Alarm 2x (orange) dan 2x Power(Hijau) | blogprinter | 4.5