Pengetahuan Sejarah dan Fungsi Printer pada Komputer

Sejarah dan Fungsi Printer – Dalam sejarah komputer tentunya kita juga harus mengetahui secara bertahap. Sebab banyak sekali Ilmu Teknologi di Dunia yang wajib diketahui. Beberapa perangkat juga tercantum didalamnya. Bahkan bisa menjadi pengaruh besar terhadap Komputer, apalagi ditambah dengan istilah asing yang beberapa orang masih bingung jika mendengarnya, seperti Peripheral Device. Nahh pada kesempatan kali ini saya akan membagikan seputar informasi mengenai Sejarah dan Fungsi Printer pada Komputer.

Informasi sejarah printer perta dan fungsi printer

Print yang artinya cetak, jadi makna keseluruhan dari printer merupakan sebuah alat untuk mencetak. Dalam dunia teknologi printer ini sudah menjadi alat atau perangkat utama sebagai penghubung serta untuk mencetak beberapa grafis maupun representasi tulisan, dicetak dalam bentuk kertas serta media semacamnya. Dan dapat menjadi penunjang aktivitas lainnya.

Sejarah Printer

Pada abad ke-19 media printer ini dibuat pertama kali secara mekanik. Sedangkan elektroniknya diberi nama EP-101 dibuat oleh Epson, serta dirilis tahun 1968 oleh perusahaan Jepang. Kinerjanya pun tak seperti sekarang, dulu menggunakan mekanisme dari mesin ketik elektrik. Namun dengan adanya permintaan yang begitu pesat akhirnya printer mengalami perubahan dari asalnya berteknologi minim sampai ke perkembangan yang lebih baik.

Di Tahun 1980-an sudah muncul beberapa perangkat seperti line printer, dot matrix, dan daisy wheel. Ketiganya memiliki kualitas berbeda daisy wheel masih menggunakan mekanisme mesin ketik, untuk line printer prosesnya lebih cepat tetapi hasil outputnya sama, sedangkan dot matrix dapat mencampur antara tulisan dengan grafis, tetapi kualitas outputnya masih rendah. Jika ingin mendapatkan hasil yang terbaik dapat memakai plotter.

Baca juga :  Cara Melakukan Test Printer Untuk Cek Warna

Printer Laser mulai muncul Tahun 1990 dengan harga murah, saat itu juga diawali dengan munculnya Hp Laser Jet. Pada tahun berikutnya ada beberapa revolusi yaitu PostScript yang juga ditambahkan pada Apple LaserWriter, didunia percetakan sendiri biasa disebut dengan dekstop Publishing. Sejak itu sebelum mencetak di printer laser banyak berbagai pekerjaan percetakan dibuat dikomputer pribadi terlebih dahulu. Dengan berkembangnya teknologi saat ini dari tahun ke tahun selalu mengalami benyak perubahan apalagi ditahun 2000-an sudah mulai banyak printer berkualitas tinggi beredar.

Nahh tahun 2010 sudah banyak perbincangan percetakan yang sudah mulai mencetak berbagai media 3D. Namun hal itu belum manjadi hal yang umum, berbagai dokumen atau file saat ini tidak harus dicetak langsung. Tetapi ada cara sendiri yang lebih efektif yaitu dapat dicetak dalam bentuk pdf yang lebih fleksibel atau memudahkan para penggunanya. Disamping itu memiliki printer bagi perorangan sudah bukan hal yang wajib, pasalnya banyak sekali diluar sana yang sudah membuka usaha percetakan.

Fungsi Printer pada Perangkat Komputer

Fungsi printer yaitu untuk menyajikan atau mencetak data dari komputer ke pengguna secara langsung. Dalam hal mencetak ini biasanya dapat bermacam-macam bisa berupa dokumen seperti arsip, surat, serta dokumen penting lainnya. Powerpoint, Excel, Word, maupun yang terdapat dalam Microsoft Office sekalipun juga dapat dicetak bahkan dalam notepad sederhana sekalipun.

Namun fungsi lainnya juga dapat berbeda yaitu pada jenis data foto maupun gambar. Nahh file ini disebut berbeda karena ukuran serta kertas yang digunkan memiliki bahan dan jenis berbeda dari sebelumnya agar kualitas terjamin maka printer yang digunakan harus lebih baik. Nahh dengan berkembangnya jaman yang begitu pesat, maka dalam dunia percetakan pun juga mulai memiliki teknologi tinggi. Sehingga untuk mencetak sebuah data maupun dokumen lainnya bisa lebih besar lagi misalnya saja seperti Banner, Spanduk, Sablon, dan Stiker. Bukan kertas saja yang dapat mencetaknya namun kain, kaca, bahkan akrilik mampu dicetaknya.

Baca juga :  15 Printer Brother Fitur Mesin Fotocopy Mini (up To A3) Terbaik Agustus 2018

Baiklah itu tadi adalah sejarah dan fungsi printer pada komputer yang perlu kamu ketahui secara bertahap. Selain adanya printer saat ini fungsi atau fitur lain yang ditambahkan adalah scan. Scan sendiri yaitu dapat merubah atau membaca dokumen dalam bentuk digital. Nahh itu dapat membantu para penggunanya dalam mempermudah pekerjaan. Bahkan tak hanya itu dengan terus berkembangnya teknologi saat ini, sekarang printer model multifungsi dapat juga dijadikan sebagai pengganti mesin fotokopi sekaligus.

Itulah dia rangkuman dan ulasan mengenai sejarah serta fungsi printer yang dapat disampaikan secara singkat. Semoga informasi refrensi di atas dapat membantu kamu yang sedang penasaran dan ingin mengetahui lebih dalam informasi mengenai printer pada jaman dahulu hingga sekarang. Demikian artikel dari blogprinter tentang sejarah dan fungsi printer pada komputer semoga bermanfaat dan berguna, Terima kasih sudah mengunjungi laman ini dan baca artikel printer menarik lain nya.

Pengetahuan Sejarah dan Fungsi Printer pada Komputer | blogprinter | 4.5