Tips Info Cara Mengatasi Printer Offline tidak bisa Mencetak

Cara Mengatasi Printer Offline – Berbicara soal sebuah perangkat, sebut saja namanya Printer. Ya, benda yang satu ini pasalnya memiliki fungsi cukup penting pada komputer. Sebab dengan hadirnya benda ini bisa memudahkan pekerjaan kita seperti mencetak berbagai hasil karya menggunakan komputer, seperti laporan, tulisan, atau gambar dan desain, tetapi bagaimana jka suatu saat kita mendapati permasalahan terdeteksi-nya printer dalam keadaan Offline ketika akan mencetak ? itulah pokok pembahasan blogprinter.net.

Cara mudah Mengatasi Printer Offline di network ataupun komputer pribadi dan bagaimana cara agar kita dapat mencetak lagi

Jadi alat atau hardware Printer ini bisa dikatakan sangat berguna dan mempermudah aktifitas, bahkan seringkali sangat dibutuhkan, terutama bagi para pekerja kantoran dan mahasiswa. Nah, mungkin anda pernah mengalami beberapa kejadian seperti tidak bisa melakukan pencetakan dengan menggunakan printer tersebut. Apalagi keperluan untuk mengeprint sangat mendesak.

Jika sudah terjadi hal seperti ini tentu anda akan mencari berbagai cara supaya printer bisa dipakai kembali. Iya kan? Pada dasarnya Printer menjadi offline karena berbagai hal seperti konektivitas (kabel), paper jam, out of paper dan berbagai masalah hardware lainnya. Nah, berikut ini adalah cara Mengatasi Printer yang tiba berhenti alias Offline. Mari simak !

Cara Mengatasi Printer Offline Secara Manual

Selain beberapa masalah yang tadi, Printer juga bisa menjadi offline karena masalah pada driver printer yang mengalami corrupt atau malahan belum terinstal. Maka dari itu anda harus menyelesaikan masalah yang terjadi pada printer terlebih dahulu, setelah itu status printer secara otomatis akan langsung online. Lain halnya pada beberapa kasus, dimana anda harus membuatnya online secara manual.

  1. Pastikan kabel Printer dalam kondisi baik dengan pemasanganya yang benar.
Baca juga :  Cara Fotocopy Banyak di Printer Canon G-Series

Ya, pada saat printer anda tidak mau mencetak pastikan terlebih dulu printer telah menyala dan cek kabel printer sudah benar atau belum. Nah, jika kabel rusak, entah itu karena putus, terpotong, digigit tikus, atau karena usia akan membuat printer tidak dapat bekerja. Selain itu, pemasangan yang tidak benar juga bisa menjadi penyebabnya. Maka dari itu pastikan kabel yang anda pasang dalam kondisi baik dan terpasang dengan benar.

  1. Membersihkan kertas yang menyangkut pada mesin Printer

Suatu ketika mencetak dokumen tiba-tiba saja muncul pemberitahuan peringatan Paper Jam. Nah, mungkin hal ini akan membuat kita bingung harus berbuat apa. Sebenarnya, maksud dari hal ini adalah adanya kertas atau benda lain yang menyangkut didalamnya, maka dari itu bongkar printer untuk membersihkan kertas yang menyangkut tersebut. Tapi bila kertas sulit dikeluarkan, lebih baik buka tutupnya, jangan dicongkel.

  1. Meng-install ulang driver Printer

Untuk tips selanjutnya adalah memastikan driver printer sudah terinstall, setelah itu cek apakah printer memerlukan update diver. Kemudian jika permasalahan yang terjadi dikarenakan oleh driver printer yang mengalami corrupt, maka anda bisa mengatasinya dengan menginstall ulang driver printer anda.

  1. Menambahkan kertas pada Printer

Nah, untuk tips yang keempat adalah dengan menambah kertas jika muncul peringatan out of paper. Karena adanya peringatan ini berarti kertas dalam tempat penyimpanan kertas pada printer sudah habis digunakan. Untuk itu segeralah isi kembali kertas pada tempat penyimpanan kertas printer. Terkadang kejadian ini tidak bisa terdeteksi jika anda menggunakan shared printer, yang berada di ruangan berbeda.

  1. Mengisi kembali tinta Printer
Baca juga :  Cara Ampuh Reset Printer Epson L210 [Berhasil]

Ya, tips kelima kali ini tidak jauh berbeda dengan menambah kertas yang habis. Karena, jika tinta printer habis juga akan menyebabkan printer offline dan akhirnya tidak bisa mencetak. Maka dari itu anda harus mengisinya agar bisa digunakan lagi. Ada baiknya jika anda tidak membiasakan mengisi tinta hanya pada saat telah habis agar tidak merusak cartridge.

  1. Membiarkan printer beristirahat

Nah, sementara cara mengatasi Printer Offline yang terakhir adalah dengan membiarkan printer untuk beristirahat. Walaupun Printer sebuah mesin, namun ia juga bisa mengalami namanya yang kelelahan jika tengah melakukan pencetakan dokumen dalam jumlah yang cukup banyak. Sama seperti manusia, iya kan? Maka dari itu Jangan paksakan printer terus menerus bekerja, sebaiknya beri jeda beberapa waktu bagi printer untuk beristirahat.

Mungkin Itu saja tutorial kali ini yang dapat di rangkum oleh blogprinter.net mengenai Cara Mengatasi Printer Offline, apabila anda kesulitan dalam mempraktikkannya dan masih juga belum berhasil membuat printer dalam keadaan normal silahkan coba tips error printer lain-nya di website ini. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kalian semua dan terimakasih telah berkunjung.

Incoming search terms:

Tips Info Cara Mengatasi Printer Offline tidak bisa Mencetak | blogprinter | 4.5