Tips Cara Menghemat Tinta Printer Canon dan Semua Printer

Cara mudah menghemat Tinta Printer – printer merupakan salah satu hal paling penting saat bekerja dengan komputer. Ketika bekerja dengan komputer 9 dari 10 orang pasti juga memiliki printer untuk sekedar mencetak beberapa dokumen atau sebagai salah satu alat untuk mendapatkan penghasilan seperti rental printer. Printer haruslah terawat dengan baik agar bisa digunakan kapanpun ketika kamu membutuhkannya. Baik pada segi perawatan printer itu sendiri yang melingkupi alat pencetak, media pencetak, kebersihan printer, proses kecepatan printer dan banyak lagi, dan yang akan menjadi pokok ulasan blogprinter.net kali ini yaitu di salah satu media yang dibutuhkan printer, yaitu cara menghemat tinta printer.

Hal yang sangat perlu diperhatikan secara berkala adalah tinta. Tangki tinta tidak selamanya bertahan dengan isi didalamnya. Tinta printer juga dapat habis dari waktu ke waktu selama itu masih dipakai untuk mencetak dokumen. Namun, bukan berarti untuk menghemat tinta kamu tidak boleh menggunakan printer, ada cara tersendiri untuk menghemat tinta. Bagaimana? Ini dia pembahasannya.

Baca Juga Harga Catridge Printer :

Beberapa Tips Cara Menghemat Pemakaian Tinta Printer

 

  1. Periksa dokumen sebelum dicetak

Sebelum mencetak dokumen pastikan dokumen tersebut sudah benar. Pemeriksaan ini tujuannya adalah agar nantinya ketika terjadi kesalahan kamu tidak perlu mencetak lagi. Apalagi kalau dicetak itu banyak dan terjadi kesalahan didalamnya, tidak hanya tinta saja yang akan jadi boros, kertas pun juga. Jadi pastikan periksa dokumen dulu mulai dari ejaan, kalimat-kalimat dan sebagainya sampai benar baru kemudian tekan print sehingga membantu kamu untuk menghemat tinta

  1. Gunakan print preview

Fitur ini pasti ada hampir disemua aplikasi semacam Microsoft Office atau yang sejenis. Sebaiknya aktifkan fitur print preview ini. Bagi yang belum tahu apa print preview, print preview adalah fitur yang memungkinkan kamu melihat bagaimana hasil cetakan sebuah dokumen sebelum kamu memberikan perintah print. Dengan cara ini kamu bisa meminimalisir kesalahan ejaan atau yang lain dan juga pastinya menghemat tinta serta kertas.

  1. Gunakan grayscale

Grayscale atau biasa kita sebut dengan hitam putih ini sangatlah efektif digunakan untuk menghemat tinta. Settingan warna grayscale ini biasanya ditemukan di Printer Properties. Kami sarankan untuk menggunakan format grayscale ini untuk dokumen yang memang tidak membutuhkan warna sebagai tanda keabsahannya. Gunakan grayscale ini untuk benar-benar mau menghemat tinta warna.

Baca juga :  Spesifikasi dan Harga Printer Brother MFC-J200 Terbaru Agustus 2018

  1. Jagalah tinta

Pastikan cartridge tinta tersimpan dalam keadaan tersegel dalam kemasan asli hingga nantinya diperlukan. Dan jangan menyimpan tinta isi ulang terlalu lama karena bisa saja nanti tinta tersebut melewati tanggal kadaluarsa. Penggunaan tinta kadaluarsa sangatlah tidak dianjurkan karena dapat menyumbat noozle pada printer. Menggunakan tinta ori dan baru dibeli adalah pilihan terbaik untuk nomer 4 ini.

  1. Gunakan cartridge tinta berkapasitas besar

Hal ini bertujuan untuk menambah jumlah input tinta agar bisa mencetak dokumen lebih banyak lagi. Dengan cartridge berkapasitas isi besar kamu tidak perlu takut tiba-tiba kehabisan tinta karena isi maksimum yang lebih dari biasanya. Tapi bukan berarti nomor 1 hingga 4 bisa kamu abaikan begitu saja, karena cartridge berkapasitas besar juga memerlukan isi yang besar pada saat sudah habis nantinya.

  1. Gunakan printer secara berkala

Jangan terlalu sering mencetak dokumen itu adalah salah satu kuncinya agar tinta tidak cepat habis. Cetaklah dokumen seminim mungkin yang kamu bisa. Jangan sampai mencetak banyak dokumen dalam satu waktu tetapi cetaklah berkala sedikit demi sedikit agar tinta tidak terlalu banyak keluar.

  1. Matikan printer dengan benar

Naah ini juga merupakan salah satu kunci dalam menghemat tinta. Matikan printer kamu sesuai prosedur didalam buku manual printer. Simple nya adalah tekan tombol daya dan tunggu hingga lampu indikator benar-benar mati, tujuannya adalah agar cartridge printer kembali ke posisi yang benar.

Baca juga :  Spesifikasi dan Harga Printer Brother HL-L5100DN Terbaru Agustus-September 2018

Demikian artikel ulasan blogprinter.net kali ini yang membahas Beberapa Cara menghemat penggunaan tinta printer, oh iya perlu diketahui juga demi merawat dan menjaga awet tidak nya sebuah printer anda juga perlu seing melakukan pemanasan pada printer, seperti menyalakan nya ketika beberapa hari tidak terpakai, hal ini tetap akan membuang sedikit tinta dengan tujuan baik agar tinta anda yang mengendap di catridge tidak menggumpal dan tidak meyebabkan buntu, Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Incoming search terms:

Tips Cara Menghemat Tinta Printer Canon dan Semua Printer | blogprinter | 4.5